Apakah Daya Perbesaran Teleskop adalah Spesifikasi Terpenting?

Selama bertahun-tahun, daya perbesaran telah menjadi spesifikasi paling menjebak yang tercetak pada kotak teleskop di toko-toko. Ini membuat pembeli menganggap bahwa semakin besar daya perbesaran, maka semakin bagus sebuah teleskop. Klaim daya perbesaran tinggi yang lebay hampir selalu merupakan tanda dari produk yang biasa saja.

Sebenarnya, spesifikasi penting sebuah teleskop utamanya bukanlah daya perbesarannya, melainkan:

Kenyamanan pemakaian

Dudukan yang kokoh sangat mempengaruhi kenyamanan pemakaian. Apabila dudukan kokoh, maka teleskop di atasnya dapat bergerak dengan lancar dan tidak bergetar.

Ukuran bukaan

Daya kumpul cahaya oleh teleskop.

Kualitas optik

Reflektivitas dan transmisivitas optik teleskop.

Kemudahan penggunaan

Sistem arahkan dan lihat (point and look) adalah penting bagi pengamat pemula. Teleskop membutuhkan finder (komponen untuk mengincar objek) yang baik, agar pengamat dapat segera menemukan objek yang akan diamati.

Ini bukan berarti bahwa daya perbesaran itu tidak penting, melainkan daya perbesaran bukanlah kriteria utama dalam membeli teleskop. Belilah teleskop sesuai dengan kebutuhan pengamatan, yakni objek apa yang akan diamati. Apabila objek tersebut membutuhkan daya perbesaran yang besar (misal: planet), maka belilah teleskop dengan daya perbesaran yang mumpuni. Namun, apabila ingin mengamati gugus bintang atau nebula, maka belilah teleskop dengan daya perbesaran yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *