Aksesoris Teleskop Ini Sangat Berguna dalam Pengatamanmu, lho …

Seringkali ketika menggunakan teleskop melihat Bulan, kita merasa obyek terlihat terbalik, tidak sama dengan yang terlihat secara langsung dengang mata telanjang. Hal ini wajar karena bayangan yang dihasilkan melalui teleskop memang terbalik.  Untuk melihat obyek yang mempunyai orientasi arah yang sama pengan mata telanjang kita memerlukan komponen tambahan yang biasa kita sebut sebagai aksesoris. Ada apa saja ragam aksesoris itu? Coba lihat aksesoris-aksesoris di berikut yang mungkin coco dengan keperluan kita..

Prisma Pembalik atau Erecting Prism

Aksesoris ini berfungsi untuk membalik gambar sehingga oobyek mempunyai orientasi yang sama pengan yang kita lihat dengan mata telanjang.

 

Prism Diagonal 90 derajat

Saat melihat objek di atas kepala, eyepiece mengarah lurus ke tanah. Jika kita tidak mau untuk berbaring di tanah atau sakit kepala karena leher dibengkokkan dengan ekstrim, maka pakailah diagonal. Aksesoris ini adalah cermin 45 derajat yang memantulkan gambar ke sisi samping tabung. Bye sakit leher!

 

Focal Reducer/Pengurang Jarak Fokus/Telecompressor

Memotret langit dengan teleskop yang ‘lambat’ (rasio fokus besar) seringkali membuat lelah dan rawan kesalahan. Oleh karena itu, kita dapat menambahkan aksesoris focal reducer/pengurang fokus. Aksesoris ini bukan membuat teleskop jadi kurang fokus, melainkan mengurangi rasio fokus sistem optik teleskop tersebut. Ini membuat waktu yang diperlukan untuk mengambil gambar menjadi lebih singkat. Misal, focal reducer f/6.3 untuk teleskop Schmidt-Cassegrain f/8 akan menurunkan rasio fokus teleskop tersebut menjadi f/6.3 serta mengurangi waktu pemotretan sebesar 60%. Di sisi lain, ada penggelapan yang biasanya terjadi di pinggir citra (vignetting). Ini jelas terlihat pada citra DSLR atau CCD format luas. Namun, efek ini dapat dipulihkan dengan mengambil citra bidang-datar dan mengolahnya setelah pemotretan.

 

Focal Extender/Penambah Jarak Fokus/Lensa Barlow

Nah, aksesoris yang satu ini bekerja dengan prinsip yang terbalik dengan focal reducer. Gunakan aksesoris ini jika menginginkan perbesaran ekstra. Di pasaran, terdapat focal extender 2x, 3x, dan 5x. Angka-angka tersebut berarti perbesaran yang dihasilkan oleh teleskop-eyepiece akan dikalikan sejumlah kekuatan focal extender. Misal, sebuah kombinasi teleskop-eyepiece menghasilkan perbesaran 60x. Apabila sistem ini ditambah dengan focal extender 2x, maka perbesarannya menjadi 120x. Aksesoris ini cocok dipakai dengan teleskop-teleskop cepat yang membutuhkan perbesaran ekstra.

 

Flattener/Perata Bidang Fokus

Masih ingat dengan kekurangan reflektor, dimana bidang fokus yang dihasilkan jadi terlengkung? Flattener adalah jawaban dari bidang fokus yang cacat tersebut. Dengan menggunakan flattener, citra yang dihasilkan oleh teleskop terfokus pada satu bidang yang sama. Jika kita memiliki dudukan yang cukup kuat, ini membuat astrofotografi bisa dilakukan. Selain itu, flattener tidak mengubah rasio fokus teleskop. Flattener diproduksi spesifik untuk jenis teleskop tertentu. Oleh karena itu, pastikan bahwa flattener yang hendak dibeli benar-benar mendukung teleskop yang kita miliki.

 

Kombinasi

Selain aksesoris-aksesoris tersebut, terdapat juga kombinasi dari dua fungsi, misal Reducer/Flattener. Aksesoris ini membuat teleskop menjadi lebih cepat sekaligus meratakan bidang fokus yang dihasilkan oleh teleskop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *